LINDUNGI HUTAN KITA 
KURANGI PENGGUNAAN KERTAS

Kita semua tentu sudah tidak asing dengan bahan pembuat kertas, yaitu kayu. Namun kita juga perlu tahu kriteria kayu yang digunakan untuk membuat kertas. Kayu yang dibutuhkan yaitu dengan diameter 15-20 cm, tinggi 40 meter dan hanya jenis kayu tertentu yang digunakan, hanya kayu pilihan yang memiliki panjang serat yang sesuai dengan standart masing-masing pabrik pembuat kertas.
Dalam pembuatan kertas juga dibutuhkan sejumlah air dan energi yang sangat banyak. Belum lagi pada proses produksinya menghasilkan sejumlah emisi dan juga limbah.
Dampak yang ditimbulkan akibat pembuatan kertas terhadap lingkungan  antara lain sebagai berikut :
1.     Penebangan  hutan secara berlebihan.
Dampak ini dampak yang paling terasa dirasakan oleh penduduk bumi, dimana kita membutuhkan pohon tabungan oksigen kita dan mengurangi efek rumah kaca dan pemanasan global.
2.     Pencemaran air.
Dalam proses pembuatan kertas, dibutuhkan air yang sangat banyak dan setelah proses produksi selesai, air sisa akan dibuang. Limbah cair tersebut akan  berdampak bagi ekosistem air dan tanah, walaupun beberapa pabrik sudah memberikan treatment khusus untuk limbah air nya agar saat dibuang sudah tidak mengandung bahaya namun kesalahan prosedur bisa saja terjadi.
3.     Sludge pabrik kertas yang dibuang ke sungai menimbulkan pendangkalan sungai dan membunuh tumbuhan air di tepi sungai karena tertutupi oleh lapisan bubur kertas dari cahaya matahari. Limbah sludge tersebut mestinya tidak dibuang ke sungai bersama air limbah tetapi diendapkan dan dikeringkan untuk kemudian dibuang secara sanitary land fill atau dibakar agar tidak mencemari tanah, air dan udara.

 
AYO SELAMATKAN HUTAN KITA !

0 comments:

Post a Comment

 
wahyul inayah. Template Design By: SkinCorner